Mendapatkan sepeda onthel yang benar-benar mempunyai part original seperti waktu dibeli dari toko sangatlah susah didapat. Kalaupun ada harganya mungkin juga selangit. Nah berikut ini akan kami sharing pengalaman bang Eman (Salah satu anggota COC yang mempunyai cara tersendiri dalam mendapatkan sepeda onthel secara murah. Menurut beliau sebenarnya kalau kita mau bergerilya ke pelosok-pelosok / bengkel-bengkel tua masih lumayan banyak kita temui komponen-komponen sepeda onthel. Memang sih butuh kesabaran untuk mewujudkan sepeda onthel yang lengkap dari komponen hasil berburu. Semisal sepeda BSA berikut yang membutuhkan waktu +/- 6 bulan untuk bisa dibangun. Berikut tip & triknya.

1) Kadang tanpa kita sadari, disekitar kita sebenarnya banyak berkeliaran sepeda-sepeda onthel (seperti milik tukang sayur / tukang kusen) yang sebenarnya sepeda tersebut tergolong yang dicari orang, akan tetapi karena kita tidak tahu / kurang memahami tentang sepeda onthel maka kita kurang tanggap. Maka dari itu perdalam pengetahuan tentang sepeda onthel dari buku2, gambar2, ikut komunitas sebagai bahan referensi.

s3010594

Pada awalnya komponen2 sepeda didapat dari tempat yang berbeda dengan kondisi yang tak terawat

2) Dari pengetahuan dan pengalaman tersebut kita praktekkan ke lapangan dengan hunting ke bengkel-bengkel tua / selalu perhatikan sepeda onthel yang ada disekitar kita. Apabila dalam perburuan tersebut terdapat barang2 sepeda yang tergolong tua maka kita beli saja meskipun sparepart tersebut punya merk yang berbeda dengan sepeda kita. Hal ini untuk jaga-jaga barter dengan teman lain yang mungkin punya sparepart yang cocok dengan sepeda kita.

coc-4

bang eman sedang mencopot emblem BSA yang menempel di sepeda tukang kusen dan cukup ditukar dengan sebatang rokok

2) Seiring dengan berjalannya waktu dan rajin berburu setiap hari libur maka sparepart yang lain mulai didapat. Tetapi kalau sudah kepepet tidak mendapat yang original, maka harus rajin-rajin mengikuti acara onthel untuk belanja di klithikan (memang agak mahalan dikit),tetapi  dijamin semua kebutuhan untuk sepeda kita akan bisa terpenuhi.

4) Jangan sungkan-sungkan ikut bergabung di komunitas sepeda tua untuk menjalin persahabatan dan sharing informasi tentang seluk beluk sepeda tua

5) Kalau sudah lengkap mendapatkan komponen2 sepeda (tentunya harus tetap mengacu kepada referensi tentang sepeda yang akan kita bangun), maka perakitan dan restorasi siap dimulai

s3010885

a) Lepaskan bagian2 sepeda yang nantinya akan kita ganti dengan yang original.

s3010887

b) Bersihkan seluruh bodi sepeda dengan solar

s3010899

c) Untuk bagian sepeda yang di chrom gosok dengan amplas halus dengan sebelumnya dibasahi dengan solar untuk menghilangkan karat

s3010889

d) Perjelas tulisan no seri dan sambungan keni dengan tinta emas (hanya disarankan untuk sepeda yang di cat ulang), untuk sepeda dengan cat yang original lebih baik dibiarkan seperti aslinya.

s3010900

s3010901

s3010904

e) Pasang transfer merk sesuai dengan letak aslinya berdasarkan referensi gambar sepeda aslinya. Cara pasang transfer merk bisa di lihat di tips&trik di WIWINAKED

s3010905

Eng…. ing….. eng….. BSA Dames nan anggun siap mengantar berkeliling meramaikan dunia peronthelan di negeri ini.  SELAMAT MENCOBA

About these ads