Salah satu anggota COC (bang Muhdie) karena tugas dan tanggung jawabnya dalam mencari nafkah beliau harus selalu traveling ke daerah2 di seluruh Indonesia. Salah satu daerah yang pernah dikunjunginya adalah Papua, tepatnya satu tahun yang lalu yaitu bulan Agustus 2007.
Ketika sedang berjalan menyusuri kota, beliau melihat ada onthel dengan berbagai attribut sedang parkir di depan Polda Jayapura. Tapi sayang waktu itu sang onthelis penjelajah sedang menghadap Kapolda sehinga bang Muhdi tidak bisa bertemu, padahal pingin banget mendengar cerita dari sang penjelajah tersebut sampai-sampai nama sang penjelajahpun belum sempet tahu.
Salut untuk sang onthelis penjelajah yang dengan niat mulia keliling indonesia tanpa sponsor dan tidak membawa nama partai-partai. Salah satu tujuannya hanya ingin menikmatin indahnya Nusantara, hebatnya keaneka ragaman budayanya dan betapa luasnya Republik tercinta INDONESIA. Dari attribut yang dipakai, beliau hanya mengkampanyekan “mari naik sepeda tuk mengurangi Pulosi udara yg semakin hari semakin bertambah seiring dengan bertambahnya kendaraan bermotor dan berkurangnya paru-paru kota”
Maraknya komunitas Penggemar Sepeda saat ini apapun jenis sepedanya (Onthel, MTB, Low Rider, BMX) adalah mungkin sebagian kecil wujud nyata dari hasil perjuangan sang Onthelis Penjelajah tersebut. Salut untuk sang onthelis Penjelajah.
Jangan sia-siakan perjuangan dan pengorbanan (waktu, tenaga, keluarga, materi) oleh sang Penjelajah yang telah mengkampanyekan untuk bersepeda. Untuk saat ini mari kita teruskan cita-cita beliau dengan mengayuh sepeda untuk jarak yang memang terjangkau dengan kita. “Lets Back to Bike With Onthel”
Tulisan ini spesial dipersembahkan untuk Onthelis Penjelajah Nusantara.