Sepeda diciptakan manusia sebagai salah satu alat transportasi. Beragamnya jenis sepeda adalah disesuaikan dengan kebutuhan, usia / gender. Dalam perkembangannya sampai sekarang ini banyak beragam jenis sepeda tetapi apapun jenis dan macamnya…… sepeda….. tetaplah sepeda….. yaitu sebuah alat transportasi yang terdiri dari dua roda (depan – belakang), sadel, gear depan dan belakang, rantai dan dua pedal sebagai tuas pengayuhnya serta stang untuk mengendalikan sepeda. Komunitas penggemar sepeda pun bermunculan sebagai apresiasi terhadap kecintaannya dalam menggemari salah satu jenis sepeda. Silahkan lihat di situs www.sepeda.wordpress.com, www.sepedamtb.com, www.b2w_indonesia.or.id, www.indonesialowrider.wordpress.com, www.sepedaku.com

Khusus untuk sepeda tua, berdasarkan pengamatan penulis dari berbagai acara onthel yang digelar baik melihat secara langsung ataupun tidak langsung. Terdapat berbagai macam cara dan selera seseorang dalam mengemari sepeda tua).

Dari bentuk sepeda yang dimiliki :

1) Originalitas

Penghoby sepeda tua yang menyukai sepeda tua dengan tingkat originalitas yang tinggi, bahkan untuk mengembalikan tingkat originalitas mereka berburu spare part kemana-mana dan tak sedikit pula biaya yang dikeluarkannya untuk memenuhi hal tersebut.

p7200130

Batavus

2) Modifikasi

Penghoby sepeda tua yang dengan ide kreatifitasnya memodifikasi spare part sepeda tua dengan tidak merubah estetika sepeda tua tersebut.

s3010700

modifikasi rem torpedo belakang untuk roda depan

3) Aksesories / pernik-pernik

Penghoby sepeda tua yang mendandani sepeda tuanya dengan berbagai atribut dan aksesoris yang beragam.

s3010328

Simplex full aksesories

4) Warna adalah jiwa

Warna mewakili jiwa pemiliknya, tak beda dengan memilih marna dari mobil atau warna dari sebuah rumah, ada sebagian penghoby sepeda tua yang merubah warna sepeda tuanya sesuai dengan selera hati pemiliknya.

p8240483

Kuda Jingkrak full colour

5) Apa adanya

Kalau penghoby yang satu ini membiarkan sepeda tua apa adanya seperti pada saat dia mendapatkannya. Sehingga sejarah ditemukannya sepeda tersebut masih terjaga keasliannya.

p7200152

Philips apa adanya

6) Tampil Beda

Dengan ide kreatifnya penghoby yang satu ini membuat sepeda tampil beda dengan sepeda tua pada umumnya. Mereka membuat sepeda dari material kayu atau bambu. Sehingga tampak klasik.

bamboobicycle

sepeda bambu

p7200133

sepeda kayu

Perbedaan cara pandang kita dalam menggemari sepeda tua adalah berhubungan dengan selera dan kemampuan masing-masing. Maka saling menghormati dan menghargai adalah yang paling utama dalam menjalin ikatan tali persaudaraan sesama penggemar sepeda tua. (@zis)